Friday, April 15, 2016

Fakta Menarik dari Burung Elang

Elang merupakan salah satu jenis burung yang memiliki keunikan dibandingkan dengan burung lainnya. Burung elang menjadi salah satu predator berbahaya bagi hewan lainnya. Ketika burung elang hendak memangsa buruannya, jarang ada yang lepas dari incarannya. Hal ini dikarenakan elang memiliki kecepatan terbang yang tinggi ditambah dengan cakar dan daya cengkram yang kuat.

Selain kecepatan yang tinggi dan daya cengkram yang kuat, burung elang memiliki penglihatan yang sangat tajam, bahkan lebih tajam dibandingkan dengan manusia. Sebagai predator, burung elang ternyata memiliki banyak fakta menarik yang mungkin belum Anda ketahui. Lantas apa saja fakta menarik dari burung elang? Simak pada pembahasannya di bawah ini!

Berikut Fakta Menarik dari Burung Elang

Memiliki Kecepatan Terbang yang Tinggi

Burung elang memiliki kecepatan rata-rata sampai dengan 300 km per jamnya ketika ia terbang di angkasa bebas. Hal ini dilakukan burung elang untuk tujuan berburu mangsa. Namun yang menarik lagi dari burung elang ini adalah pada saat musim migrasi telah tiba, mereka bisa berpindah dari tempat satu ke tempat lain bahkan sampai dengan ke berbagai belahan di dunia, sangat menakjubkan bukan. ia

Salah Satu Burung yang Set

Fakta menarik dari burung elang berikutnya adalah kesetiaan terhadap pasangannya. Burung elang merupakan salah satu jenis binatang yang setia terhadap pasangannya. Kebanyakan dari kawanan elang hanya mempunyai 1 pasangan. Selain itu burung elang termasuk juga dalam salah satu binatang yang sulit untuk berkembang biak. Dia akan bertelur dalam kurun waktu 1 tahun sekali jika dalam kondisi yang memungkinkan.

Untuk menetaskan telur dari elang saja membutuhkan waktu yang lama yakni membutuhkan waktu pengeraman 40 sampai dengan 50 hari. Di samping itu telur yang dierami si burung elang juga tak terlalu banyak yakni hanya 2 sampai dengan 3 telur dalam setahun. Oleh sebab itu saat ini elang banyak dikembangbiakan untuk menghindari kepunahan.

Memiliki Paruh yang Kuat

Fakta menarik burung elang berikutnya adalah elang mempunyai paruh yang kuat. Dengan paruhnya tersebut menjadi salah satu andalan untuk membantu merobek dan menangkap buruannya. Paruh dari burung elang cenderung runcing guna membantu menangkap dan membunuh mangsannya. Selain paruh yang kuat, seperti pada penjelasan di atas burung elang juga mempunyai cakar yang kuat dan tajam. Dengan begitu burung elang dapat mencengkram hasil buruannya sehingga tak mudah untuk lepas.

Terdapat Banyak Jenis Burung Elang

Di dunia ini burung elang memiliki banyak jenis, di Tanah Air terdapat kurang lebih 21 jenis burung elang yang keberadaannya hampir punah. Selain itu burung elang sendiri juga sangat sulit untuk dicari akan keberadaannya.

Usia yang Panjang

Burung elang memiliki usia yang cukup panjang yakni sekitar kurang lebih 70 tahun. Layaknya seperti manusia, burung elang yang sudah tua lebih berkurang akan aktivitas mereka ketika berada di udara. Selain itu elang yang sudah berumur memiliki ciri yakni bulunya yang cenderung rontok. Hal tersebut akan terjadi ketuka burung elang mamasuki usia sekitar 40 tahun.

Menyimpan Sarang di Tempat yang Tinggi

Burung elang betina akan bertelur dengan cara membuat sarang di tempat yang cenderung tinggi. Sarang dari burung elang ini memang sengaja berada di tempat yang tinggi untuk menjaga anaknya sampai dengan berlatih untuk terbang sendiri.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai beberapa fakta menarik dari burung elang yang bisa Anda ketahui.

Baca


No comments:

Post a Comment