Tuesday, April 19, 2016

Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan Tubuh

Buah rambutan merupakan salah satu buah tropis yang termasuk dalam buah musiman. Buah ini mempunyai rasa yang khas yakni antara manis, kecut, dan juga asam. Untuk buah rambutan yang berkualitas biasanya memiliki rasa yang lebih manis. Buah ini tidak kalah populer dengan buah tropis lainnya. Pasalnya buah yang masuk ke dalam kategori buah musiman ini banyak digemari banyak orang. Selain memiliki ciri khas pada bentuk fisik buahnya, buah rambutan mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Sebelum mengetahui apa saja manfaat dari buah rambutan, ada baiknya untuk Anda mengetahui apa saja sebenarnya kandungan gizi dari buah rambutan. Di dalam buah rambutan terdapat kandungan seperti karbohidrat yang dapat memberikan sumber energi. Selain kandungan karbohidrat, buah ini juga kaya akan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan bagi tubuh. Masih banyak kandungan gizi penting yang terdapat dalam buah rambutan seperti zat besi, serat, kalsium, protein, vitamin A, magnesium, dan banyak lagi. Lantas apa saja manfaat yang dimiliki dari buah rambutan? Ketahui pada ulasannya berikut ini!

Berikut Beberapa Manfaat dari Buah Rambutan

Membantu Mengatasi Anemia

Anemia merupakan salah satu permasalahan yang banyak dialami orang. Anemia atau kekurangan darah bisa menyebabkan seseorang merasa pusing, mudah lesu, wajah menjadi pucat, dan dapat beresiko pingsan. Anemia pada dasarnya dikarenakan seseorang kurang mendapatkan asupan zat besi. Terdapat banyak sumber makanan yang mengandung zat besi tinggi diantaranya seperti buah rambutan, bayam, daging kambing, dan sumber makanan lainnya.  Nah untuk Anda yang sering mengalami anemia, ada baiknya untuk mencoba mengonsumsi buah rambutan yang kaya akan zat besi.

Membantu Menghindarkan Radikal Bebas

Manfaat buah rambutan selanjutnya adalah membantu dalam menghindarkan tubuh dari radikal bebas. Banyak efek samping merugikan dari radikal bebas seperti penuaan dini sampai dengan resiko penyakit kanker. Untuk membantu dalam menangkal radikal bebas, maka seseorang membutuhkan konsumsi sumber makanan yang mengandung zat antioksidan. Buah rambutan merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin C tinggi. Vitamin C yang terdapat pada buah rambutan berperan sebagai zat antioksidan yang bekerja pada tubuh.

Membantu dalam Menurunkan Berat Badan pada Tubuh

Selain membantu dalam menghindarkan radikal bebas pada tubuh, buah rambutan juga memiliki manfaat untuk membantu dalam menurunkan berat badan. Seperti pada penjalasan di atas bahwa buah rambutan mengandung kandungan seperti serat yang baik untuk tubuh. Kandungan serat yang terdapat di dalam buah rambutan dapat membantu dalam proses diet Anda dengan memberikan rasa kenyang lebih lama. Selain itu kandungan serat tersebut juga berperan aktif untuk membantu kesehatan pencernaan Anda.

Sebagai Pencegah Kanker

Selain mengandung kandungan antioksidan yang kuat buah rambutan juga mengandung Asam Gallic yang bisa membantu menghancurkan radikal bebas pada tubuh yang bisa menyebabkan resiko dari pertumbuhan sel kanker pada tubuh.

Membantu Mengatasi Hipertensi

Manfaat buah rambutan yang terakhir dalam pembahasan ini adalah membantu dalam mengatasi masalah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Selain mengatasi anemia, buah ini juga memiliki manfaat untuk meredakan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah lain pada tubuh seperti resiko serangan jantung.

Demikianlah tadi beberapa ulasan mengenai apa saja manfaat dari buah rambutan bagi kesehatan tubuh. Masih banyak manfaat yang dimiliki dari buah rambutan diantaranya seperti membantu menjaga kesehatan ginjal, membantu dalam memperkuat sistem imun pada tubuh, dan banyak lagi.

Baca



No comments:

Post a Comment